Fachrori Kampanyekan Gemar Makan Ikan

Kerinci, RuangJambi.com – Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum turut menyampanyekan Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Ia mengatakan bahwa Gemarikan merupakan upaya pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan untuk meningkatkan gizi dan kecerdasan masyarakat, mewujudkan generasi yang sehat dan cerdas (generasi handal).

“Kita terus menerus secara berkesinambungan mensosialisasi Gemarikan ini dengan melibatkan seluruh komponen bangsa, mulai dari pemerintah, akademisi, dunia usaha, dan masyarakat,” ujar Fachrori dalam Gemarikan, yang berlangsung di Lapangan Desa Tanjung Pauh Mudik Kecamatan Danau Kerinci Barat Kabupaten Kerinci, Sabtu (19/09/2020).

Fachrori menerangkan, Gemarikan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat secara luas tentang pentingnya makan ikan bagi kesehatan dan kecerdasan dengan sasaran utamanya adalah daerah yang tingkat konsumsi makan ikannya masih rendah.

Sasaran utama lainnya adalah ibu hamil, ibu menyusui, balita, dan anak sekolah karena sangat penting dalam membentuk kecerdasan.

“Saya mengharapkan, masyarakat Provinsi Jambi memperoleh asupan nutrisi dari sumber pangan ikan yang bergizi, berprotein tinggi, menguatkan, menyehatkan dan mencerdaskan, sehingga masyarakat benar-benar mendapatkan gizi yang cukup bersumber dari pangan ikan melalui program Gemarikan,” terang Fachrori.

Selain itu, kata Fachrori, melalui program Gemarikan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya nelayan, pembudi daya, pengolah dan penjual ikan yang pendapatannya meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan pangan ikan dari masyarakat Jambi.

Lebih lanjut, Fachrori mengatakan, salah satu upaya dalam meningkatkan konsumsi ikan dikalangan masyarakat adalah dengan melibatkan ibu ibu rumah tangga, karena ibu ibu rumah tangga yang memegang peranan penting dalam memilih dan mengolah bahan makanan menjadi santapan keluarga sehari hari.

“Saya mengajak ibu ibu rumah tangga untuk lebih aktif dan kreatif dalam mengolah makanan berbahan ikan. Ikan tidak hanya digoreng saja, tapi bisa dibuat menjadi berbagai resep masakan yang lebih bervariatif.

 

(Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *