Direktur Operasional BNPP, Jambi Daerah Rawan Bencana

RuangJambi – Direktur Operasional Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (SAR) pusat, Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, mengatakan, wilayah Provinsi Jambi cukup rawan terhadap bencana, baik bencana alam maupun kecelakaan di Sungai (air).

Menurut Jenderal TNI Marinir yang mengaku baru pertama kali menginjakkan kakinya di Jambi ini, bencana yang sering terjadi di Jambi, seperti Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), longsor, banjir bandang dan kecelakaan transportasi di sungai dan laut pantai timur.

“Jambi merupakan daerah cukup rawan bencana dengan kondisi geografisnya yang berbukit dan banyaknya sungai, ” ujar Wurjanto dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi SAR Daerah Tahun 2022 di Hotel BW Luxury, Rabu (12/10/2022).

Lebih lanjut, Wurjanto mengatakan, sesuai letaknya di wilayah bagian tengah Pulau Sumatera, Jambi memiliki Sungai Batanghari terpanjang di Sumatera yang banyak dimanfaatkan masyarkat sebagai jalur transportasi sungai serta pantai timur menjadikan Jambi rawan kecelakaan di air.

Dari data yang ada, tambah Wurjanto, sepanjang tahun 2021 hingga 2022, SAR Jambi menangani 11 kali kecelakaan kapal, yang didominasi kecelakaan kapal penumpang, kapal barang dan kapal nelayan.

“Salah satu solusi untuk mengantisipasi kerawanan kecelakaan di air ini, tentu melalui pelaksanaan Rakor ini dapat merumuskan dan memformulasikan peran masing masing stakeholder dan instansi terkait, sehingga cepat merespon dalam keadaan tanggap darurat, atau istilah SAR adalah Quick and Rescue, ” tandas Wurjanto.

Rakor SAR Daerah Jambi 2022 ini dibuka Gubernur Jambi, diwakili Staf Ahli Ariansah, ditandai dengan pemukulan gong, dan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU peserta Rakor dengan Basarnas.

Gubernur dalam sambutannya menegaskan, pemerintah daerah Provinsi Jambi sangat komitmen dan perhatian terhadap pencarian dan pertolongan dalam setiap terjadinya kecelakaan dan bencana, karena ini merupakan misi kemanusiaan yang berkaitan dengan penyelamatan jiwa manusia. (Asrori)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *